ToT EDS/M-MSPD Cluster II

Posted: 14 Februari 2011 in Berita
Tag:,

Bertempat di Hotel Millennium Jakarta, 5 orang widyaiswara/staf LPMP Sumsel, yaitu  Basuki Irsyadi, Pirdaus, Dadang Daniswara Solichin, Mia Sumiati, dan Sangadah, mengikuti Training of Trainer (ToT) Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah dan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (EDS/M-MSPD). Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dimulai tanggal 7 s.d. 11 Februari 2011, khusus untuk Cluster II.

ToT EDS/M-MSPD ini antara lain membekali para peserta dengan konsep EDS/M-MSPD dan strategi implementasinya di satuan-satuan pendidikan. Selama ToT, peserta berlatih mengisi format instrumen EDS/M-MSPD edisi revisi yang tampaknya relatif lebih baik dari format instrumen EDS/M-MSPD edisi sebelumnya. Di samping itu, selama ToT terjadi sharing pengalaman antarpeserta dan antara peserta dan fasilitator mengenai pengalaman mengimplementasikan EDS/M-MSPD di provinsi masing-masing peserta.

Pada salah satu sesi disampaikan bahwa dalam implementasi program ini diperlukan perhatian dan fokus terhadap pencapaian hasil EDS/MSPD di 10.000 sekolah di seluruh Indonesia. Dari hasil pencapaiannya melalui kegiatan 4x pendampingan ke sekolah dan 4x rapat koordinasi pengawas yang melaksanakan MSPD ke LPMP selama tahun anggaran 2010, program ini belum menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan secara sempurna dikarenakan perlunya penyesuaian komprehensif antara alokasi waktu dan output yang dicapai dalam program.

Oleh karena itu melalui DIPA LPMP tahun 2011, Kemdiknas berupaya menuntaskan program implementasi Sistem Penjaminan Mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah dan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah terhadap 10.000 sekolah dan 1000 pengawas sebagaimana diamanatkan dalam Inpres 1 tahun 2010 dan melanjutkan program ini kepada seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada tahun yang sama.

Besaran kegiatan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan ( SPMP) dalam program EDS ini terbagi menjadi 5 kegiatan pokok, yaitu:

  1. Capacity Building EDS/MSPD
  2. Pendampingan dan workshop penyusunan laporan EDS
  3. Workshop penyusunan laporan MSPD bagi pengawas
  4. Workshop analisis hasil EDS/MSPD
  5. Seminar hasil EDS/MSPD

Sebelum memulai rangkaian kegiatan dalam program penjaminan mutu melalui implementasi EDS/MSPD ini disarankan agar diawali dengan rapat konsolidasi internal yang dilakukan masing-masing LPMP untuk merumuskan dan merencanakan program gunamempermudah dan memperlancar pencapaian output kegiatan. Selanjutnya, LPMP dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pokok di atas secara terpadu dan berkelanjutan (P’s).

CATATAN: Hasil ToT EDS/M-MSPD telah didiseminasikan pada Temu Ilmiah Widyaiswara LPMP Sumsel pada 2 Maret 2011 di Indralaya. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP Sumsel, Drs. Iskandar Saleh, M.Pd., didampingi Kasi FADP, Drs. Didik Setyahadi, M.M. dan Kasi PSI, Dra. Hj. Mia Sumiati, M.M.

Komentar
  1. Yuswandi mengatakan:

    Trims atas berita yang tertulis tentang EDS/M, di Aceh kami baru mulai tahapan kedua. Semoga Palembang lebih baik dimasa yang akan datang.

    • pirdaus mengatakan:

      Yang penting kita berbuat seoptimal kita bisa, mudah-mudahan Allah Swt. berkenan meridhoi
      dan menilai perbuatan kita sebagai amal shalih ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s