SEMINAR SOSIALISASI DAN WORKSHOP LOKAL PMRI DI TANJUNG ENIM

Posted: 7 Juni 2009 in pmri

YaninaPada tanggal 23 Mei 2009, bertempat di Aula SMA Bukit Asam Tanjung Enim digelar acara Seminar Sosialisasi dan Workshop Lokal PMRI se-Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama SMAN 1 Unggulan Muara Enim, Program Pascasarjana Pendidikan Matematika dan P4MRI Unsri, serta LPMP Sumatera Selatan. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Muara Enim, Drs. Tjik Dien M. Noer. Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengharapkan agar pendidikan matematika dapat lebih dikembangkan sehingga lebih digemari siswa dan guru matematika menjadi guru yang profesional.      

Ketua panitia Pelaksana, Dra. Yanina Zuraidah, menyampaikan bahwa kegiatan di atas diikuti oleh 230 guru SD, 30 guru SMP, dan 35 guru SMA. Narasumber dan fasilitator kegiatan ini adalah Prof. Drs. Zulkardi, M.I.Kom., M.Sc., PhD., Ketua Program Pascasarjana Pendidikan Matematika, sekaligus Ketua P4MRI Unsri, Dra. Ratuilma Indra Putri, M.Si., Dosen Pascasarjana Pendidikan matematika, sekaligus Sekretaris P4MRI Unsri, Pirdaus, S.Pd., M.M., dan Ullya, S.Pd., keduanya Widyaiswara LPMP Sumatera Selatan, sekaligus Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Unsri.
“Mengapa PMRI?” demikian Zulkardi mengawali presentasinya. Menurutnya, hasil tes internasional/nasional matematika siswa kita rendah, pembelajaran matematika masih dirasakan sulit dan kurang bermakna bagi siswa. Sejalan dengan reformasi internasional matematika (1990-an), era matematika modern bergeser ke era contextual/realistic mathematics. Kita perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran matematika: dari pola ‘Guru bercerita’ ke ‘Siswa mengonstruksi pengetahuan’. Inovasi dalam penilaian: dari ‘Penilaian produk’ ke ‘Penilaian proses dan produk’. Pengembangan PMRI, menurut Zulkardi, dikembangkan dengan model ‘bottom-up’ bukan diistruksikan dari atas dan model ‘school development’. Para guru di sekolah dapat menjalin kerja sama dengan Tim PMRI, LPTK (Unsri), dan sekolah/pihak lain untuk menerapkan dan mengembangkan PMRI.
Pada sesi kedua, acara difasilitasi oleh Ratuilma yang memodelkan PMRI dengan menggunakan Tangram dan konteks ‘Berburu’. Para peserta yang umumnya guru ini tampak begitu riang dan gembira menjadi model siswa, belajar sambil berlomba antarkelompok, untuk menemukan bentuk-bentuk hewan hasil buruan dari rangkaian tangram. TangramPemberian souvenir bagi kelompok yang lebih dulu menyelesaikan susunan tangram membuat pembelajaran makin asyik dan menyenangkan, sesuai dengan tema kegiatan ini “Pembelajaran Matematika yang Asyik, menarik, dan Menyenangkan.”
Sesudah acara istirahat dan makan siang, sesi ketiga difasilitasi oleh Pirdaus dan Ullya. Mereka mengembangkan dua masalah kontekstual, masalah pertama mengenai perhitungan yang melibatkan uang di kelas IV SD dan masalah kedua mengenai perbandingan berbalik nlai di kelas VII SMP. Pada sesi ini, para peserta juga berperan sebagai siswa, baik siswa kelas IV SD maupun siswa kelas VII SMP, dalam situasi pembelajaran PMRI. Pada akhir sesi ketiga, para peserta diajak menganalisis hasil belajar siswa pada kedua masalah tadi yang diambil dari hasil belajar beberapa siswa SDN 1 Indralaya, SDN Percontohan Indralaya, dan SMPN 1 Tanjung Raja, Ogan Ilir.
Kegiatan yang ‘dimotor-geraki’ oleh para mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika Unsri Angkatan 2008 ini dinilai cukup sukses. Bahkan Prof. Zulkardi menilai kegiatan ini sukses dan lancar. Atas kesuksesan ini, Buang Sariyantono, salah seorang mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika yang menjadi panitia pelaksana kegiatan ini, berniat menyelenggarakan kegiatan serupa bersama teman-teman seangkatannya di Lampung, daerah asalnya. Semoga sukses saja terus! (P’s)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s