Observasi PMRI di SDN 117 Palembang

Posted: 31 Mei 2009 in Tak Berkategori

Selama Maret s.d. April 2009, mahasiswa Program Pascasarjana Magister Pendidikan Matematika Unsri, khususnya Angkatan 2008, mengadakan kegiatan observasi pembelajaran matematika di SDN 117 Palembang. Pembelajaran matematika di sekolah ini pada beberapa kelas I s.d. III sudah menerapkan Pendidikan Matematika Realistik Indopnesia (PMRI).
Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Kom, M.Sc., Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting artinya bagi para mahasiswa, dalam rangka lebih memahami apa dan bagaimana PMRI itu. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tugas mata kuliah Pendidikan Matematika Realistik, sebagai salah satu mata kuliah pilihan.
“Melalui PMRI, anak-anak belajar matematika dengan asyik, ceria, dan gembira. Tapi, guru memang harus aktif dan kreatif mempersiapkan perencanaan pembelajarannya,” ujar bu Yus, guru kelas I-B, guru yang kelasnya juga sudah menerapkan PMRI. Tampak dalam gambar keceriaan siswa belajar tentang pengurangan dengan menggunakan biji kacang kedelai.WortelHasil observasi juga menunjukkan bahwa PMRI sudah cukup baik penerapannya di sekolah ini.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar PMRI, bukan sekadar belajar tentang PMRI!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s